Jumat, 23 November 2018

DPW ISAA Jakarta Masih Fokus Satukan Anggotanya



Dadang Suhendra, Kepala Cabang PT Samudera Agencies Indonesia, anak usaha PT Samudera Indonesia telah dipercaya oleh sekitar 50-an perusahaan agen pelayaran di Jakarta menjadi  Ketua DPW Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) DKI Jakarta.

Sebagai ketua DPW ISAA Jakarta yang baru, Dadang (panggilannya), saat ini sedang menyusun kepengurusan organisasi dan tugas maupun tanggung jawab dari masing-masing para pengurus. ”Diharapkan Desember 2018 nanti selesai,” kata Dadang saat dikonfirmasi Ocean Week, di Kantornya, Kamis (22/11).

Dadang yang dibantu oleh Capt. Supriyanto (Wakil Ketua), M. Agung Wongso (Sekretaris), dan Adnan (Bendahara), menyatakan sekarang ini target dan fokusnya hingga akhir tahun ini adalah menyatukan seluruh aggota ISAA yang sudah terdaftar di DITLALA untuk dapat bergabung, kurang lebih 50 perusahaan agen pelayaran.

Selain itu, ungkap Dadang, target kedepan adalah mensosialisasikan keberadaan ISAA DPW DKI Jakarta ke OP,  Syahbandar, Pelindo, Bea Cukai, INSA, Alfi, Asosiasi Trucking, APBMI dan lainnya dengan tujuan agar mereka dapat mengenal DPW ISAA Jakarta. “Dengan sosialisasi yang kami lakukan, kami berharap ISAA Jakarta dianggap sebagai mitra kerja sebagaimana halnya keberadaan INSA selama ini,” ujarnya.

Sementara itu, ungkap Dadang, untuk target jangka panjang, Dadang mengupayakan agar kedepan DPW ISAA DKI Jakarta dapat menjadi Wadah yang Menampung aspirasi Pengusaha yang bergerak dalam bidang kegiatan keagenan kapal sebagai mitra kementrian Perhubungan untuk mewujudkan kelancaran, efisiensi rangkaian proses kegiatan Angkutan laut,” ucapnya.

Dadang menambahkan, bahwa terbentuknya INSA maupun ISAA adalah karena adanya UU no.17 th 2008 tentang Pelayaran. “Dalam undang-undang itu menyeutkan bahwa keagenan kapal dapat dilakukan oleh Pemegang SIUPAL, dan Pemengang SIUPKK. Untuk Pemegang SIUPAL  saat ini sudah berjalan cukup lama oleh INSA yang kemudian diatur oleh PM th 67. Sedangkan Pemegang SIUPKK dapat berjalan atas dasar adanya PM no.11 th 2016 yang mengatur tentang Penyelenggara dan Perusahaan keagenan kapal,” kata Dadang.

Terkait kedepannya antara INSA dan ISAA, Dadang mengungkapkan supaya bisa bersinergitas dengan assosiasi lain di bawah naungan Kemenhub. “Harus dapat berjalan berdampingan bersama sama mendukung program pemerintah dibidang maritim, serta kemajuan anggotanya masing-masing,” tutur Dadang. (wan/**)

* Dikutip dari portal Ocean Week (https://oceanweek.co.id/isaa-jakarta-masih-fokus-satukan-anggotanya/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Audiensi dengan Direktur BP3IP

DPP ISAA melakukan audiensi dengan Direktur BP3IP Jakarta yang baru, Bapak Ir. AHMAD., M.M.Tr., QIA., CFr.A, dalam rangka silaturahmi dan me...